Mons Veneris Labia Majora Labia Majora Vulvar Cleft Perineum Anus Mons Veneris Labia Majora Labia Majora Labia Minora Labia Minora Prepuce Clitoral Glans Frenum Vestibule Vestibule Urethral Meatus Introitus Hymen Fossa Fourchette Perineum Anus Mons Veneris Labia Majora Labia Majora Labia Minora Labia Minora Prepuce Clitoral Glans Frenum Vestibule Vestibule Urethral Meatus Introitus Fossa Fourchette Perineum Anus

Anatomi Vulva


Ilustrasi-ilustrasi anatomi menjadikan halaman ini lambat untuk didownload.

Anatomy of Vulva

Dengan mengerakkan kursor mouse anda pada satu dari tiga ilustrasi pertama yang terlihat, dan klik pada masing-masing struktur anatomi yang terlihat, secara terpisah, anda akan dihubungkan ke nama-nama struktur tersebut dan penjelasannya. Kebanyakan web browser akan menampilkan nama struktur anatomis, dibawah kursor mouse, layar paling bawah, ikuti simbol # yang ditampilkan URL.

Pertama catatan tentang ilustrasi yang dibuat pada halaman web ini. Ukuran dan rupa dari alat kelamin wanita sangat bermacam-macam dari satu wanita dengan wanita yang lain. Vulva wanita bentuknya seunik wajahnya. Manusia seharusnya tidak mengambil posisi bahwa semua alat kelamin wanita seharusnya serupa dengan yang ditampilkan tersebut. Hanya sangat kecil presentase wanita akan mempunyai alat kelamin yang kelihatan seperti yang digambarkan tersebut. Saya akan menggunakan ilustrasi yang berbagai macam untuk memberikan beberapa indikasi bahwa rupa vulva bisa sangat bervariasi. Banyak dari ilustrasi-ilustrasi diambil menurut model yang hidup, kebanyakan buku-buku anatomi dan sexual menunjukkan bahwa penulis atau ilustrator merasa hal ini benar dan bentuknya ideal. Beberapa alat kelamin wanita adalah sesimetris dengan yang terlihat dalam buku tersebut. Seperti, mereka biasanya tidak akurat untuk mayoritas wanita. Berdasarkan pada beberapa ilustrasi-ilustrasi anatomi, anda harus mengetahui jika sekitarnya ilustrator secara betul memperlihatkan vulva wanita dewasa, setidaknya seorang yang masih hidup.

Penjelasan lokasi secara terperinci dari anatomi dan biologi organ-organ sexual wanita kelihatan hampir tidak mungkin. Hampir setiap buku yang digunakan sebagai referensi, hampir sepuluh, memberikan informasi yang sama, hampir dari kata perkata setiap struktur anatomi biasanya dijelaskan dalam sebuah kalimat tunggal, atau paling banyak, sebuah paragraf pendek. Informasi diterbitkan 150 tahun lalu rupanya menjadi dasar bagi informasiyang diberikan dalam buku-buku yang dicetak harian. Ketika penelitian baru dipublikasikan, biasanya diberikan dalam jurnal medis, menggunakan istilah medis, dimana rata-rata manusia tidak bisa membaca atau mengerti. Ini memperlihatkan betapa kecil upaya yang telah dicapai dalam penelitian anatomi dan fungsi dari organ-organ sexual wanita.

Organ-organ sexual wanita bagian luar, alat kelamin, secara kolektif dikenal sebagai Vulva. Vulva terdiri dari banyak struktur anatomi yang berbeda dan jauh lebih komplek dari pada yang disadari kebanyakan orang-orang. Alasan begitu banyak orang tidak mempunyai pikiran/ide mengenai anatomi alat kelamin wanita adalah bahwa kami sebagai sebuah masyarakat telah mengurangi anatomi sexual wanita sampai tidak ada lagi selain vagina mereka. Kami mengatakan gadis-gadis dan wanita mempunyai -vagina' sebagai ganti perkataan mereka mempunyai "vulva", dimana keduanya tidak tepat dan tidak teliti. Kami telah menjadikan vagina pusat dari sexual wanita, dalam kenyataannya, bagi mayoritas wanita adalah vulva mereka. Karena kebanyakan kelas-kelas pendidikan seks lebih banyak tentang reproduksi daripada seks anatomi alat kelamin wanita sering kali tidak diajarkan disekolah. Menurut laporan, banyak pria bisa mengidentifikasikan semua bagian-bagian yang berbeda dari vulva saat diperlihatkan sebuah gambar. Saya kira mayoritas wanita sampai tidak sadar dengan anatomi mereka sendiri. Dengan harapan informasi yang dibelikan dibawah ini akan membantu orang-orang untuk menjadi lebih sadar dengan anatomi seksual wanita, dan sebagai hasilnya, meningkatnya jumlah wanita akan menemukan seks lebih asyik dan memuaskan.

Vulva at Rest 104K
Dari Buku "Atlas of Human Sex Anatomy" oleh Robert Latou Dickinson M.D., F.A.C.S.
Cetakan 1949 The Williams & Wilkins Company.

Ilustrasi diatas menunjukkan bahwa alat kelamin wanita dewasa bisa terlihat seperti saat bibir utama ( labia majora) dalam keadaan istirahat, karena itu tidak membuka luas. Struktur-struktur yang nampak adalah, mons veneris, labia majora, pudendal cleft, perineum, dan anus. Walaupun tidak digambarkan dalam ilustrasi ini, suatu presentase yang berarti dari wanita akan mempunyai labia minora yang selalu nampak seperti mereka menonjol diantara labia majora. Kadang-kadang clitoris atau kepala clitoral selalu nampak dengan baik. Ilustrasi yang memperlihatkan vulva dengan karakteristik ini bisa ditemukan dibawah ini dan pada halaman web tentang clitoral dan Ukuran Labial. Ilustrasi ini menggambarkan apa yang ilustrator, dokter, tentukan adalah vulva pada umumnya, berdasarkan pada penelitian wanita Eropah dan Amerika Utara. Secara umum adalah ukuran yang sesungguhnya. Garis hitam menunjukkan penempatan dari tulang panggul yang membuat saluran keluar panggul, atau kanal kelahiran.

Mons Veneris is adalah sebuah lapisan dari jaringan lemak yang lembut yang menutupi tulang punggung. Ini biasanya ditutupi oleh rambut yang tumbuh tebal setelah pada mula dari masa puber "Mons veneris" artinya "gundukan tanah Venus" dalam bahasa latin. Venus adalah nama yang diberikan kepada dewa cinta bangsa romawi. Karena itu, "Mons veneris" menjadi berarti, "gunung cinta". Hal ini dinamakan demikian karena jaringan lemak ditempatkan disini adalah sensitif untuk hormon estrogen, dengan permulaan masa puber level estrogen akan meningkat menyebabkan gundukan yang jelas sampai berbentuk. Hal ini sangat nampak ketika seorang wanita telanjang atau mengenakan pakaian yang ketat. Hal ni menimbulkan pikiran untuk menyediakan sebuah bantahan perlindungan antara tulang pinggang dari seorang wanita dan pasangannya selama hubungan seksual, saat penetrasi berasal dari depan.

Vulva preadolescent gadis-gadis muncul untuk ditempatkan lebih jauh ke depan dari pada wanita dewasa, seperti yang anda lihat persentasi yang lebih besar dari labia majora dan pudental mereka terbelah ketika mereka sedang berdiri. Hal ini memberikan anda kesan bahwa vulva bergerak, berputar, kebelakang menuju anus selama masa puber. Vulva tidak betul-betul bergerak. Apa yang terjadi adalah, formasi gundukan dari jaringan lemak ini menyebabkan bagian depan dari labia majora akan ditekan keluar dari tulang pinggang. Ketika wanita dalam keadaan berdiri, hal ini menyebabkan labia majoranya tertekan kedalam, menjadi garis tegak lurus terhadap tanah, dan tidak terlihat ketika diperhatikan dari depan. Wanita dengan lemak tubuh yang sangat kecil bisa tidak mempunyai mons veneris, jelas hasilnya kemunculan vulva mereka ditempatkan lebih lanjut jauh kedepan daripada wanita-wanita lainnya. Sebaliknya untuk kebenaran dari wanita-wanita dengan pemusatan-pemusatan lemak tubuh yang tinggi. Posisi dari clitoris dan urethral dan pembukaan vagina ditentukan oleh tulang-tulang dari pelvis.

Kulit penutup mons veneris berisi banyak ujung-ujung syaraf. Sebagai hasil, seorang wanita mungkin menikmati area ini diusap, sebaliknya ketika rambut yang menutupinya digerakkan atau ditarik dengan lembut. Beberapa wanita menemukan mereka dapat mengalami orgasme ketika mons veneris mereka dipijat, atau ketika mereka menekannya melawan permukaannya selama mastrubasi. Hal ini sebagian disebabkan karena clitoris telah ditempatkan dibawahnya pada batas terendah. Seorang wanita bisa menemukan area ini lebih sensitif untuk stimulasi ketika dicukur bersih, sebagaimana kulit yang tidak lagi dilindungi oleh lapisan rambut.

Labia Majora adalah dua lipatan kuilt, dalam beberapa kasus mereka lebih mirip gundukan-gundukan daripada lipatan-lipatan, yang menjadikan pudendal terpotong, dan menyembunyikan dan melindungi struktur-struktur yang lebih lembut dari vulva. Bagian depan dari masing-masing labia majora biasanya lebih tebal daripada pantat, lonjong kebawah dan bergabung dengan kerampang. Ilustrasi diatas memperlihatkan masing-masing labia majora mempunyai bentuk segitiga ini.

Permukaaan sebelah luar labia majora kadang-kadang dalam warna yang berbeda dari jaringan sekitarnya, dan bisa halus atau keriput dalam penampakannya. Kulit bisa mempunyai penampakan keriput yang sama seperti skrotum pria, rekan imbangan pria mereka. Setelah perkembangan masa puber permukaan-permukaan luar biasanya ditutup oleh rambut. Ketika wanita dalam gairah seksual, labia majora bisa menjadi berwarna merah terang karena peningkatan darah mengalir menuju area tersebut.

Permukaan bagian dalam halus dan mengkilat. Kulit pada permukaan bagian dalam diisi dengan minyak dan kelenjar-kelenjar penghasil keringat dan ujung-ujung syaraf. Minyak dan kelenjar keringat memungkinkan bagi kenampakan yang halus mengkilat dan membantu untuk menjaga vulva bersih dan sehat. Warna dari permukaan-permukaan dalam sering berwarna merah muda, tetapi bisa saja berwarna lain, seperti coklat dan coklat kehitam-hitaman. Diantara permukaan-permukaan kulit bagian dalam dan luar dipenuhi dengan lemak dan otot-otot yang halus. Otot-otot yang halus tersebut pengontrolannya tidak dapat kita sadari.

Ukuran dan bentuk labia majora sangat bervariasi dari satu wanita dengan wanita lainnya. Labia majora dari gadis muda biasanya tipis dan halus, mempunyai warna yang sama seperti jaringan sekitarnya. Dengan perkembangan masa puber dan peningkatan berikutnya dalam bentuk lemak tubuh, labia majora sering kali menjadi lebih menonjol. Wanita dengan jumlah lemak tubuh yang rendah bisa mempunyai labia majora yang kecil tipis dan wanita dengan jumlah lemak tubuh yang banyak bisa mempunyai lemak yang bagus yang berada di sekeliling labia majora.

Area yang tipis antara kemaluan yang terpotong dan anus disebut Perineum. Beberapa referensi mendasar bahwa perineum tidak berambut, ini tidak benar untuk semua wanita. Kulit perineum diisi dengan syaraf-syaraf dalam jumlah yang banyak sehingga beberapa wanita bisa menikmati mempunyai area ini diusap dan dipijat selama seks. Referensi anatomi, lawan dengan referensi seksual, mengatakan bahwa perineum meluas dari anus naik sampai ke urethra, sehingga beberapa konflik didalamnya bahwa perineum merupakan apa sebenarnya.

Anus membuka sampai ke rectum dan lebih rendah dibawah saluran intestine (usus) dimana tinja-tinja lewat selama buang air besar. Jaringan-jaringan dubur kaya akan pembuluh-pembuluh darah dan syaraf-syaraf. Banyak wanita menemukan anus mereka menjadi sangat sensitif untuk stimulasi. Kepekaan ini menjadi akibat dari mekanisme perlindungan yang sungguh-sungguh untuk menjaga benda-benda asing keluar, untuk menahan luka-luka dan penyakit. Dua pasang otot-otot melingkari anus tepat dibawah kulit. Kontraksi yang tanpa sengaja dari otot-otot ini bisa membuat seks anal dan hubungan seks menyakitkan atau tidak mungkin. Bagi banyak wanita anus mereka adalah bagian yang penting dari anatomi seksual mereka, kadang-kadang menjadi hal yang lebih sensitif dibandingkan dengan clitonis mereka dan vagina.

Vulva of Virgin Drawn Open 101K
Dari buku "Atlas of Human Sex Anatomy" oleh Robert Latou Dickinson M.D., F.A.C.S.
cetakan 1949 The Williams & Wilkins Company.

TIlustrasi diatas menunjukkan bahwa vulva perawan bisa kelihatan seperti ketika labia tertarik membuka untuk memperlihatkan struktur-struktur alat kelamin bagian dalam. Ilustrasi yang terlihat dibawah menyatakan bagaimana kenampakan vulva wanita terlihat mengikuti kehamilan dan perjalanan vagina. Struktur-struktur yang tampak dalam ilustrasi-ilustrasi ini adalah: labia minora, prepuce, clitoral glans, frenum, vestibule, urethral meatus, vaginal introitus, fossa, fourchette, dan hymen. Mereka memperagakan bagaimana alat kelamin wanita bisa berubah dalam kenampakannya selama hidupnya. Terdapat beberapa kejadian dalam kehidupan seorang wanita yang akan seperti mempengaruhi kemunculan vulva mereka.

Saat kelahiran vulva bayi perempuan dan buah dada bisa muncul menjadi bengkak dan besar. Hal ini sebagai hasil dari telah diekspos oleh penaikan level hormon ibunya selama dalam kandungan. Setelah periode yang pendek dari vulva gadis, labia minora, labia majora, ukuran buah dada akan menyusut sebagai pengaruh dari hormon-hormon keibuan yang perlahan-lahan terlihat. Saat kelahiran clitoris gadis secara proporsional lebih besar daripada yang seharusnya yang berlangsung selama hidupnya. Dari waktu gadis 1 tahun sampai 8 tahun alat kelaminnya seharusnya tidak mengalami perubahan yang berarti, selama tumbuh sesuai tubuhnya. Jika terjadi, harus konsultasi dokter.

Hal penting berikutnya berganti sampai vulva muncul selama masa puber. Jaringan alat kelamin mempunyai kepekaan terhadap hormon yang besar. Seperti kelenjar indung telur remaja dan kelenjar endokrin lainnya mulai memproduksi hormon-hormon yang jumlahnya makin meningkat, pria dan wanita, vulva mereka sepertinya akan mengalami suatu perubahan yang penting. Jaringan tipis dari vulva akan menjadi lebih tebal dan lebih elastis. Pewarnaannya mungkin akan tambah baik. Struktur vulvanya kemungkinan menjadi lebih besar dan jelas. Hal ini termasuk didalamnya labia majora dan minoranya, sebaik dengan clitoris dan selaput dara. Karena rambut kemaluan juga berkembang waktu ini, seorang gadis mungkin tidak menyadari semua perubahan yang telah terjadi. Ajari anak gadis anda untuk melatih alat kelamin mereka dengan cermin diusia muda akan membuatnya lebih mengenal vulva mereka, dan mungkin akan sadar dengan perubahan yang terjadi.

Mastrubasi dan tidak menembusnya seks bisa mempunyai akibat yang kecil pada kenampakan genital perempuan. Karena rata-rata gadis tidak mulai mastrubasi sampai dia dimasa remaja akhir mereka, perubahan-perubahan ini tidak mungkin terjadi sampai setelah masa puber. Saat seorang gadis untuk wanita dalam keadaan gairah menimbulkan alat kelaminnya penuh dengan darah, menyebabkan ukurannya meningkat secara temporari. Jika engorgement dengan darah sering terjadi, akibatnya engorgement ini bisa menjadi tetap. Seperti semua organ-organ tubuh lainnya, seringnya anda gunakan ukurannya akan semakin besar, mencapai suatu titik. Mastrubasi harian dan/ atau permaian seks bisa menghasilkan meningkatnya ukuran organ ereksi dari vulvaSeperti semua organ-organ tubuh lainnya, seringnya anda gunakan ukurannya akan semakin besar, mencapai suatu titik. Mastrubasi harian dan/ atau permaian seks bisa menghasilkan meningkatnya ukuran organ ereksi dari vulva, labia and clitoris secara cepat. Ini biasa dan sehat. Dokter tidak akan dapat mengatakan jika seorang gadis atau wanita melakukan mastrubasi, bahkan jika hal ini terjadi.

Kenampakan dari dari jalan masuk ke vagina, introitus, mungkin akan berubah saat seorang wanita mulai melakukan hubungan seks, atau memasukkan jari-jari atau objek-objek lain ke dalam vagina mereka. Menggunakan tampon seharusnya tidak mempunyai akibat yang berarti pada kemampakan vulva atau vagina. Jika wanita mempunyai selaput darah, tergantung pada kekuatan yang diberikan saat objek dimasukkan ke dalam vagina, ini tidak akan memotong ataupun merobek. Seiring waktu selaput darah secara perlahan-lahan menghilang seperti dibelah terbuka secara cepat. Jika wanita mempunyai selaput dara, biasanya tidak hilang secara keseluruhan sampai dia mengeluarkan bayi melalui vagina.Seperti vagina menjadi lebih elastis, disekeliling jaringan lipat bisa menjadi berkembang. Jika otot-otot vagina menjadi lebih kuat dan lebih berkembang, ini mungkin juga berubah kenampakan dari vulva. Tentu saja jika otot-otot vagina menjadi lemah atau robek, ini juga akan merubah vulva dengan sangat baik. Jika perkenalan wanita pada penetrasi vagina lama dan lembut, perubahan pada vulva mereka mungkin menjadi berangsur-angsur dan mengkin tidak kelihatan.

Ketika wanita menjadi hamil, suplay darah ke reproduksi dan organ-organ seksualnya menjadi meningkat dengan besar supaya mereka dapat mendukung perkembangan bayi. Sebagai hasilnya, vulva wanita bisa meningkat secara hebat ukurannya, labia dan clistorisnya bisa menjadi jauh lebih besar. Pembuluh-pembuluh darah bisa menjadi menonjol dan kelihatan. Sensitivitas dari vulva bisa menjadi lebih besar, ini bisa menyenangkan atau menyakitkan baginya. Saat wanita melahirkan seorang bayi melalui vagina, vagina dan vulvanya pasti terpotong untuk menyediakan ruang bagi kepala bayinya, sekitar 9,5 cm(3 3/4 inchi). Ini bisa mengakibatkan robekan pada pembukaan vagina, labia dan clitoris. Seorang dokter bisa membuat irisan pada pembukaan vagina, suatu episotomy, untuk mencegah robekan dari vagina dan vulva. Menghasilkan bekas luka jaringan merubah kenampakan dari vulva. Beberapa perubahan yang terjadi selama kehamilan dan kelahiran mungkin menjadi permanen.

Perubahan penting selanjutnya pada vulva terjadi selama menopause. Selama periode waktu ini, level hormon dalam tubuh wanita menurun, dan sebagai akibatnya, jaringan sensitif terhadap hormon, labia dan clitoris, biasanya ukurannya berkurang (mengecil), tetapi tidak untuk ukuran masa sebelum remaja mereka. Pengurangan dari apa yang terjadi selama masa puber terjadi selama menopause. Ini bisa membuat seks lebih dari pada sebuah tantangan, tetapi tidak perlu melenyapkan kebutuhan atau hasrat untuk ini. Jika seorang wanita terus melakukan mastrubasi atau melakukan seks secara teratur perubahan tidak akan besar, dan seks mungkin menjadi lebih mudah mengerjakan dan menikmatinya.

Vulva of Woman Drawn Open 64K
Dari buku "Atlas of Human Sex Anatomy" oleh Robert Latou Dickinson M.D., F.A.C.S.
Cetakan Tahun 1949 The Williams & Wilkins Company.

Mungkin variasi terbesar antara vulva-vulva wanita terjadi dalam ukuran dan bentuk dari Labia Minora mereka. Labia minora juga disebut Nymphae. Sementara penamaan secara halfiah berarti "bibir kecil", bagi banyak wanita labia minora mereka besar dan menonjol. Jauh lebih besar dari pada apa yang digambarkan atau disebutkan oleh kebanyakan referensi-referensi anatomi dan seksualiti. Dalam penambahannya labia minora bisa tidak secara keseluruhan disembunyikan labia majora seperti yang juga dimaksudkan oleh referensi-referensi. Banyak wanita yang telah memeriksa vulva mereka harus mempercayai bahwa vulva mereka entah bagaimana cacat bentuknya, karena dari bentuk labia minora mereka ilustrasi-ilustrasi oleh Betty Dodson yang terlihat dibawah ini menampakkan variasi-variasi normal dalam ukuran dan bentuk labial. Ada wanita yang tidak memiliki labia minora, atau yang hanya memiliki satu labia minora. Sementara beberapa wanita memiliki tipe labia yang berbentuk hati yang seperti terlihat dalam buku-buku anatomi, banyak jika tidak kebanyakan, tidak memiliki.

Labia minora dibentuk dari jaringan erectil yang seperti sepon yang lembut berisi pembuluh-pembuluh darah dengan konsentrasi yang padat, jaringan yang sama seperti itu dimana mengelilingi urethra di dalam penis. Labia minora dibentuk oleh banyak kelenjar penghasil minyak, tetapi tanpa sel-sel lemak. Mereka biasanya sangat elastis, seperti satu ilustrasi yang terlihat berikut ini. Selama gerakan seksual, darah berkumpul di dalamnya, menyebabkan labia minora ini sampai membengkak dan bertambah ukurannya, sebaik seperti perubahan warna.

Sementara labia minora memiliki banyak syaraf-syaraf, sensitivitas mereka untuk stimulasi sangat bermacam-macam diantara wanita-wanita. Beberapa wanita menemukannya tidak sensitif terhadap stimulasi seksual, yang lainnya menemukan stimulasi dari labia minora mereka sangat menyenangkan. Ketika mereka mengalami iritasi, dengan infeksi, iritasi gesekan, atau iritasi zat kimia, mereka bisa menjadi sangat menyakitkan.

Natural Variations 1 56K
Dari buku "Sex for One: The Joy of Selfloving" oleh Betty Dodson.
Cetakan Tahun 1987, 1983, 1974 OLeh Betty Dodson.

Ilustrasi-ilustrasi yang terlihat diatas dan dibawah menunjukkan variasi-variasi normal yang terjadi dalam bentuk dan ukuran vulva. Mereka memperlihatkan vulva dari wanita tulen, wanita yang berpose untuk nona Dodson. Seperti yang bisa dilihat, vulva terbagi dalam bentuk dan ukuran yang banyak. Tidak ada dua yang persis sama. Masing-masing adalah sama-sama cantik. Bagi seorang wanita untuk menikmati kepuasan seks secara penuh, dia harus mencintai vulvanya secara keseluruhan. Buku Betty merupakan bacaan yang diharuskan untuk banyak alasan, ilustrasi-ilustrasi ini dan lainnya hanya salah satunya.

Natural Variations 2 48K
Dari buku "Sex for One: The Joy of Selfloving" oleh Betty Dodson.
Cetakan Tahun 1987, 1983, 1974 Oleh Betty Dodson.

Clitoris merupakan organ yang sangat kompleks dan spesial. Yang hanya mempunyai satu kegunaan, memberikan wanita kepuasan seks. Ini sama pentingnya bagi seorang wanita, seperti penis bagi pria. Clitoris dibentuk dari jaringan yang sama seperti penis, dan untuk kebanyakan bagian, fungsi-fungsinya sama seperti penis. Satu hal penting yang berbeda dari dua kenampakan ini bahwa urethra perempuan tidak melewati semua saluran melalui tubuh clitoris. Jaringan yang mengirim urine dan ejakulasi melalui penis adalah lebih dulu ada, dalam bentuk labia minora. Sementara pada umumnya clitoris lebih kecil dari penis, beberapa clitoris sebesar dengan kecilnya penis. Banyak clitoris kelihatannya mirip dengan penis, yang sayangnya membuat orang-orang merasa tidak nyaman.

Setiap labia minora memotong sampai dasar kelenjar clitorial. Titik pada tempat dimana mereka memotong disebut Frenum atau Frenulum. Frenum menandakan dimana saluran keluar urethral telah mendapat tempat mempunyai perkembangan clitoris sampai ke dalam penis selama perkembangan semasa janin. Pemotongan ini menghasilkan clitoris menjadi secara tidak langsung distimulasikan oleh pergerakan dari labia minora sebagaimana penis masuk dan keluar vagina selama hubungan seksual. Untuk sejumlah kecil wanita, stimulasi ini cukup untuk menghasilkan orgasme, ketika digabungkan dengan sensasi yang disebabkan oleh usapan penis pada dinding vagina. Frenum dari vulva dan frenum dari penis bukan hal yang sama, frenum secara sederhana merupakan nama medis bagi struktur anatomi tipe ini. Sebagai contoh lidah mempunyai sebuah frenum yang baik.

Labia minora juga bergabung dengan Prepuce atau Hood. Kulit khatan menutupi clitoral dan semua atau bagian dari kelenjar clitoral. Sementara labia minora bergabung dengan prepuce (kulit khaton/kulub), mereka tidak dibuat dari jaringan yang sama. Tidak seperti ilustrasi ke-2 dan ke-3 yang telihat disini, prepuse (kulit khaton) biasanya menyembunyikan kelenjar clitoral kecuali ini di tarik kembali secara manual tetapi kelenjar clitoris dari beberapa wanita selalu secara sebagian atau diekspos secara lengkap seperti terlihat. Kutup/kulit (prepuce) melindungi kelenjar clitoral yang sangat lembut dan sensitif dari stimulsi yang tetap dari iritasi.

The information presented below on the prepuce is based on multiple articles about the prepuce of the penis. There is no detailed information available on the prepuce of the clitoris that I'm aware of. The information available on the prepuce of the penis is often vague and confusing, and at times, contradicting. I've done my best to make sense of the information presented in my references.

Bagian dari prepuce yang menutupi kelenjar clitoral seperti kulit khatan dari penis. Ini terdiri dari dua lapisan kulit yang terpisah, lapisan luar adalah sebuah perluasan jaringan sepanjang badan clitoris, dan lapisan dalam tersusun dari membran selaput lendir. Selama pertumbuhan janin prepuce dan kelenjar digabung bersama-sama, mereka adalah satu. Kadang-kadang selama pertumbuhan janin masa-masa kanak-kanak, kedua kelenjar dan prepuce melepas lapisan sel-sel luar mereka mengakibatkan terpisahnya mereka. Pelepasan sel-sel kulit ini terjadi selama hidup, bahkan setelah proses pelepasan kelenjar dan prepuce. Kelenjar pada sisi bawah prepuce, dalam selaput lendir, memproduksi enzim-enzim yang menyerang bakteri dan melindungi kelenjar dan prepuce dari infeksi. Juga terdapat kelenjar penghasil minyak. Ditempatkan diarea kelenjar clitoral yang meminyaki kelenjar dan prepuse. Kelenjar-kelenjar minyak ini kurang aktif dalam masa kanak-kanak dibandingkan setelah masa puber.

Pelepasan sel-sel kulit dan produksi minyak dan enzim menghasilkan formasi smegma. Smegma adalah subtansi putih yang buruk yang mempunyai bau yang kuat, pada wanita ini laporkan bisa menjadi amis baunya. Karena terbatasnya ruang antara kelenjar dan katup kepala, smegma bisa terkumpul dibawah prepuce dalam bentuk "mutiara-mutiara" kecil atau biji-biji smegma. Karena minyak dan enzim-enzim bukan merupakan sebuah resiko kesehatan. Ini direkomendasikan bahwa selama prepuce dan kelenjar-kelenjar bergabung bersama-sama, bahwa hanya smegma yang telah merembes keluar dari bawah prepuce bisa dicuci bersih dengan air biasa, penggunaan sabun menyebabkan meningkatnya kemungkinan infeksi. Pada beberapa titik dari prepuce dan kelenjar seharusnya berpisah sebagai hasil dari pelepasan sel kulit, mastrubasi, mandi dan mengendarai sepeda dan lain-lain. Setelah pelepasan terjadi, prepuse seharusnya ditarik kembali sehingga kelenjar tidak terpisah secara keseluruhan atau jika infeksi terjadi diantara kelenjar dan prepuse, adhesions Orang tua seharusnya tidak secra paksa menarik kepala katup dari clitoris anak perempuannya selama memandikan vulvanya.

Ukuran prepuce sangat bervariasi dari satu wanita dengan lainnya. Ukuran ini tidak selalu didasarkan pada ukuran clitoris. Clitoris yang kurus pendek bisa memiliki prepuce yang panjang berdaging dan clitoris yang tebal panjang biasa memiliki prepuce yang tipis pendek. Ini dipercaya bahwa kebanyakan wanita bisa menarik kembali prepuce mereka cukup jauh untuk membeberkan semua atau sebagian dari kelenjar clitoral mereka. Beberapa wanita memiliki prepuce yang sangat panjang dan atau memiliki sebuah pembukaan yang sempit dimana kelenjar clitoral mereka selalu tersembunyi. Persentase kecil dari wanita telah melaporkan bahwa prepuce yang tebal panjang telah mencengah dan merusak kemampuan mereka untuk mengalami orgasme, sehingga prepuce yang telah dipotong dengan cara pembedahan atau dihilangkan dari bagian prepuce yang menutupi kelenjar disebut sirkumsisi. Ini jarang diperlukan seperti tidak terdapatnya penjelasan untuk memperlihatkan ukuran dari prepuse wanita yang menentukan kemampuan untuk mengalami orgasme. Hal ini lebih dari sebuah prosedur kosmetik bahwa bisa mempunyai manfaat secara psikologi bagi beberapa wanita.

Anatomy of the Clitoris 54K
Dari buku "The New Sex Therapy" oleh Helen Singer Kaplan, M.D., Ph. D.
Cetakan Tahun 1974 Oleh Helen Singer Kaplan, M.D., Ph. D.

Ilustrasi diatas memperlihatkan seluruh bagian kebanyakan dari jaringan-jaringan disekitarnya dihilangkan, bagian utama dari clitoris telah diperlihatkan, yaitu: Glans, Shaft, dan Crura. Beberapa yang merasa Vestibule Bulbs (benjolan didepan) dianggap sebagai bagian dari clitoris, mengarah kepada mereka sebagai "benjolan clitoris."

Kelenjar clitoris dibentuk secara keseluruhan dari jaringan erectil yang lembut yang disebut corpus spongium. Ini merupakan tipe jaringan yang sama dengan yang dimiliki kelenjar penis. Saat seorang wanita mengalami gairah seksual, kelenjarnya terisi penuh dengan darah dan menjadi sedikit lebih besar, dan biasanya lebih sensitif. Ini masih tetap lembut untuk disentuh bahkan selama bergairah, tidak seperti bagian dari clitoris. Permukaan dari kelenjar yang tidak dilindungi oleh jaringan kulit biasa, yang ada lebih seperti membran selaput lendir yang ada diantara prepuse. Kelenjar menghasilkan minyak sedikit sekali pada permukaan kelenjar, kurang lebih beberapa daerah diantaranya. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar tampak bersinar dan mengizinkan prepuce untuk bergerak luwes tanpa ada kesulitan melewati permukaan kelenjar. Jika kelenjar kering mengalami kornifikasi, menjadi tumpul dan kasar penampakannya, sama seperti penis yang disunat.

Ukuran diameter rata-rata dari kelenjar yang tidak ereksi yaitu sekitar 4-5 mm (0,15-0,2 inci, sedikit kurang dari seperempat inci), tetapi rangenya diameternya dari 1-15 mm (0,04-0,6 inci lebih sedikit dari setengah inci). Terdapat informasi lebih banyak tentang ukuran dari clitoris pada Halaman ini.

Kelenjar clitoris mempunyai jumlah syaraf akhir sebanyak dengan yang dipunyai kelenjar penis, hanya terdapat dalam area yang jauh lebih kecil. Ini menyebabkan clitoris menjadi sangat sensitif. Ukuran dari sebuah clitoris tidak menjelaskan seberapa sensitif dia, seperti jumlah syaraf akhir yang menurut laporan selalu sama tanpa memperhatikan ukuran. Banyak wanita menemukan stimulasi langsung clitoris akan menyakitkan. Terdapat sejumlah kecil wanita yang tidak bisa toleransi berbagai bentuk stimulasi clitoral mereka mengalami sakit yang hebat tidak menyenangkan saat akan disentuh, bahkan secara langsung. Prepuce memberikan perlindungan kelenjar dari stimulasi secara langsung, dan minyak secara alami muncul mengurangi friksi diantaranya. Ini kemungkinan mengapa wanita pada umumnya mastrubasi dengan cara mengusap prepuce lebih baik daripada mengelus kelenjar clitoris. Sementara clitoris biasanya sangat sensitif, beberapa wanita melaporkan clitoris mereka tidak sensitif untuk stimulasi. Penyebab dari hal ini tidak diketahui, tetapi ini mungkin hasil tidak bersatunya tubuh, penyakit atau keadaan sakit yang menyerang susunan syaraf, atau kurang penggunaan. Sensitivitas dari organ sensori beragam dari satu orang dengan orang yang lain, clitoris tidak ada perbedaan.

Tubuh dan crura (crus singular) dari clitoris dibangun dari dua struktur yang berbentuk seperti silinder tersusun dari jaringan erectile disebut corpora cavernosa. Jaringan erectile ini jaringan fibrin yang padat. Tubuh adalah bagian dari clitoris yang mengantung kearah bawah dari tulang pinggang, sampai dimana kelenjar ditempatkan. Dalam tubuh clitoris, dau badan cavernous digabung antara satu dengan lainnya sepanjang sisi bersama mereka dan jaringan sekitarnya membuat nampak seperti jika hanya terdapat satu struktur erectile. Pada titik tersebut dimana tubuh tersebut bertemu dengan tulang pinggang, dus silinder terpisah dan menyesuaikan diri dengan bentuk dari tulang panggul, membentuk sebuah "V" terbalik.

Ukuran daru tubuh clitoris bermacam-macam dari 0 sampai sekitar 2 inci. Ukuran rata-rata tubuh clitoris sekitar tiga perempat inci, membuat tubuh rata-rata dan glans panjang satu inci. Ini merupakan bagian dari clitoris yang akan dapat anda sentuh dan rasa dengan jari-jari anda, dibawah prepuce. Crus masing-masing panjangnya sekitar 3 inci membuat clitoris rata-rata panjang 4 inci, sedikit lebih besar dari pada perkiraan kebanyakan orang-orang.

Erectile alami dari tubuh clitoris yang seharusnya, clitoris mampu untuk menonjol keluar dari tubuh, menjadi tegak, ketika darah berkumpul didalam nya selama gairah seksual. Otot-otot licin dalam corpora cavernosa rileks selama gairah seksual membiarkan darah untuk berkumpul dalam ruangan-ruangannya sebagai hasil dari stimulasi secara kimia oleh nitric oxide. Tingkatan dimana clitoris menonjol keluar tergantung pada ukuran clitoris, dan pada keelastisan dari jaringan penghubung, chordee, yang secara normal menjaga clitoris tetap menunjuk ke bawah. Saat clitoris menjadi engorged dengan darah, ini terasa nyaman untuk sentuhan. Jika anda memegang dengan ringan bagian clitoris ketika wanita menjadi bangkit secara seksual, anda kemungkinan akan merasakan clitorisnya menjadi hangat dan tegak. Bagi beberapa wanita dengan clitoris kecil, satu-satu cara untuk menempatkan tubuh dari clitoris dalam prepuce adalah dengan cara merasakannya menjadi tegak kaku sementara jaringan disekitarnya tetap lembut. Seorang wanita mungkin menjadi sangat sadar akan perubahan ini dalam clitorisnya, dan merasa seperti jika dia mempunyai "kesulitan" disebabkan karena intensitasnya.

Sebelumnya bagi wanita mengalami orgasme sebuah peningkatan sejumlah darah berkumpul dalam tubuh clitoris menghasilkan sebuah ereksi yang lebih kuat, yang menyebabkan kelenjar bergerak ke atas menuju ke tulang pinggang. Hal ini memberikan kesan bahwa kelenjar tertarik kearah atas dibawah prepuce ketika sebenarnya hanya tegak lurus sebagai hasil dari bertambahnya darah yang terjebak didalamnya. Beberapa hal dengan tidak benar mengatakan ini merupakan mekanisme perlindungan secara halus kelenjar yang sensitif mengatakan clitoris menarik kembali untuk melindungi dirinya dari stimulasi secara langsung yang bisa saja menyakitkan sebelum orgasme. Penis mengalami peningkatan kelakuan yang sama sebelum orgasme dan tidak ada cara melindungi kelenjar penis, hal ini kemungkinan memastikan penis mempunyai panjang yang penuh sehingga ejakulasi dapat disetor sedekat mungkin dengan leher rahim. Wanita melaporkan gelombang pengalaman dari pancaran kesenangan sebelah luar dari clitoris mereka selama orgasme mungkin merasakan darah yang terkumpul dengan cepat mengalir keluar dari clitoris bersama dengan kontraksi orgasme.

Tonjolan Clitoris adalah dua badan erectile yang melekat ke badan clitoris dan terletak dibawah labia minora. Mereka disebut "bulbus vestibule" ditunjukkan dalam ilustrasi diatas. Panjang bulbs bervariasi dari 3-7 cm (1,2-2,75 inci) pada satu penelitian. Bulbs dari clitoris dapat disamakan singular bulbus penis pada pria. Mereka dibentuk dari jaringan erectile yang sama dengan kelenjar clitoris, corpus spongiosum. Struktur-struktur ini diisi dengan darah selama gerakan seksual, tetapi sayangnya ini muncul yang tidak seorang pun mengetahuinya untuk menyakinkan fungsinya yang tepat selama seks dan orgasme. Karena erectile alaminya dan lokasi yang dekat dengan vagina, bisa menetapkan introitus vaginal dalam persiapan untuk hubungan seksual. Seorang wanita bisa juga menyadari kekurangan dan kepadatannya selama seks.

Vestibule Vestibule adalah daerah berbentuk segitiga dibawah dari clitoris dan diatas introitus vaginal. Labia minora membentuk sisi-sisi dari segitiga ini. Urethral meatus terletak didalam area dari vulva ini

Urethral Meatus membuka menuju urethra, saluran dimana urine, ejakulasi wanita, dan cairan dari kelenjar paraurethral keluar tubuh. Ukuran dan bentuk dari pembukaan urethral sangat bervariasi dari satu wanita dengan wanita lainnya. Ini tidak mungkin sebesar dan sejelas seperti diperlihatkan dari atas, saluran ini kadang-kadang lebih besar dari biasanya. Urethral meatus bisa sangat sensitive untuk stimulasi seksual, sangat sensitif dalam kenyataan bahwa seorang wanita bisa salah membuka urethralnya bagi clitoris mereka, jika dia tidak memeriksa vulva mereka dengan cara yang tidak dapat dilihat, semata-mata mengikuti kesensitifan. Beberapa wanita mastrubasi dengan mengusap urethral meatus dan dengan memasukkan benda-benda kedalam urethral. Stimulasi urethra, saluran dinding vagina, bisa menghasilkan ejakulasi wanita dan mengeluarkan cairan dari kelenjar paraurethral.

Vaginal Introitus membentuk mulut vagina. Tidak benar mengatakan bahwa "pembukaan vagina" disebabkan jika terdapatnya sesuatu yang dimasukkan ke dalam vagina, saluran vagina tertutup. Satu masalah dengan beberapa ilustrasi pada halaman ini, dan dalam buku-buku anatomi pada umumnya adalah bahwa pembukaan vagina selalu terlihat seperti daerah yang gelap, dalam pengaruh indikasi ruang kosong yang gelap semacam goa. Dinding vagina dalam keadaan normal berhubungan antara satu dengan yang lainnya, vagina adalah ruang yang berpotensi, bukan sebuah pembukaan seperti yang biasa diperlihatkan dan digambarkan. Seperti pernyataan ilustrasi-ilustrasi dan diskusi-diskusi diatas, kelihatannya tergantung pada beberapa faktor.

Selama tahap-tahap awal dari perkembangan janin tidak ada pembukaan kedalam vagina dari luar tubuh. Jaringan membrane tipis menyembunyikan kanal vagina disebut Selaput dara. Biasanya pada beberapa titik selama perkembangan janin jaringan ini dibagi-bagi, menampakkan vagina untuk dunia luar. Ketika pembukaan terbentuk, beberapa atau kebanyakan dari jaringan tersembunyi menjadi membekas. Jaringan yang masih menyembunyikan pembukaan vagina setelah kelahiran adalah apa yang biasa kami maksud dengan selaput dara. Pembukaan menuju kedalam vagina terdiri dari banyak bentuk, ilustrasi memperlihatkan variasi-variasi yang umum yang bisa ditemukan pada halaman ini.

Kadang-kadang selaput dara tidak terpisah selama perkembangan janin dan seorang gadis terlahir dengan sebuah selaput dara yang berlubang-lubang, berarti tidak terdapatnya pembukaan vaginal. Sebuah prosedur pembedahan kecil disediakan untuk menciptakan pembukaan pada selaput dara. Jika pembukaan ini tidak keluar sebelum permulaan dari menstruasi, cairan menstruasi berkumpul dalam uterus dan vagina menyebabkan rasa sakit yang hebat pada perut dan kram sampai cairan tersebut keluar.

Kebalikan dari cerita popular, ada atau tidak adanya selaput dara bukan sebagai jalan mengindentifikasikan bahwa seorang gadis atau wanita telah atau belum pernah mengalami hubungan seksual vaginal. Selaput dara dari beberapa gadis secara penuh tidak kelihatan sebelum melahirkan. Jaringan selaput dara sangat tipis, ini tidak memberikan banyak tegangan pada jaringan sekitarnya sampai menyebabkannya terobek membuka. Aktivitas normal kanak-kanak seperti membentangkan kaki dengan lebar selama senam, mengendarai sepeda, memanjat dan mastrubasi bisa menyebabkan selaput dara menghilang sebelum masa puber. Kemudian pemakaian tampon, dan memasukkan jari-jari kedalam vagina bisa juga merusak selaput dara. Beberapa selaput dara cukup elastis ketika penis dimasukkan dengan pelan-pelan dan dengan lembut, ini bisa merentangkan lawan dari merobek, sehingga ketika penis digerakkan, selaput dara kembali kebentuk sebelumnya. Kelihatannya sekitar 50% dari wanita mengalami pendarahan saat hubungan seks pertama mereka. Ini menjelaskan umumnya kebiasaan pernikahan dilakukan selama seorang gadis mengalami menstruasi, pemasukan telur burung yang subur ke dalam vagina, membuat noda diseprai tempat tidur dengan darah dari ayam ketika bukti keperawanan diperlukan.

Fourchette adalah daerah dimana labia majora bergabung bersama dibawah pembukaan vaginal. Ini merupakan sisi depan perineum.

Fossa adalah nama yang diberikan kepada penurunan yang terjadi antara perineum dan selaput dara, dibawah dari pembukaan vaginal.


Home