Klitoris & Ukuran Labia


 

Vulva 1

 

Wanita Juga Punya!

Mungkin sulit untuk membayangkan mengapa perempuan harus peduli tentang ukuran dan bentuk kelamin mereka. Ini karena kita tidak pernah memimpikan perempuan memiliki alat kelamin luar; semuanya harus berada di dalam tubuh mereka dan tidak kelihatan. Perempuan memiliki vagina. Ini yang kita telah diberitahukan dalam sekolah dan kehidupan. Kenyataan bahwa gadis dan wanita memiliki vulva jarang dinyatakan. Hanya anak laki-laki dan pria yang memiliki alat kelamin luar. Apa yang kebanyakan orang tidak menyadari adalah bahwa wanita dan gadis remaja pada kenyataannya juga memiliki kelamin dengan berbagai bentuk, warna, tekstur dan ukuran.

Sebagai gadis remaja, perempuan mungkin melihat kelamin mereka tidak lebih daripada lesung yang halus diantara kaki mereka. Yang kecil, halus, berwarna pink, dan tidak kelihatan. Sementara kelamin dari gadis muda sangat bervariasi, yang kelihatan hampir sama pada pengamat biasa. (Ada gadis remaja yang sehat dan normal yang memiliki labia dan klitoris yang sangat menonjol). Gadis remaja tidak sepertinya tidak mengetahui bahwa vulva ibunya dan wanita dewasa lainnya kelihatan sedikit berbeda dari milik mereka sendiri. Disebabkan karena rambut kemaluan biasanya menutupi organ kelamin dari wanita dewasa, bahkan jika si gadis melihat seorang wanita yang telanjang, mereka percaya bahwa organ kelamin mereka kelihatan sama. Dengan tidak membolehkan gadis untuk menjamah organ kelamin dari ibunya dan wanita dewasa lainnya, dan dengan tidak mengizinkan mereka untuk melihat gambar-gambar vulva dapat mengakibatkan hal negatif pada gambaran diri mereka sendiri di kehidupan selanjutnya.

Pubertas : Waktu Perubahan

Selama masa pubertas, organ kelamin seorang gadis dapat mengalami perubahan yang besar. Sebelum masa pubertas kulit dari vulva sangat tipis, dan sangat mudah mengalami luka dan iritasi. Bahkan sebelum perkembangan payudara dapat dilihat jaringan vulva mulai memberikan reaksi terhadap peningkatan kadar hormon dengan perubahan jaringan menjadi lebih tebal dan besar. Selama masa pubertas labia dalam dan luar dari seorang gadis, penutup, klitoris dan selaput dara seringkali bertambah besar ukurannya. Bukan hanya perubahan ukuran dari alat kelamin gadis tersebut, akan tetapi juga bentuk, warna dan tekstur. Karena rambut kemaluan juga mulai tumbuh pada waktu ini para gadis remaja biasanya tidak menyadari perubahan-perubahan ini kecuali mereka melihatanya dengan sebuah cermin atau memeriksa dengan menggunakan jari-jari tangan mereka. Bahkan apabila seorang gadis mandi dengan gadis lainnya biasanya dia masih tidak menyadari bahwa mereka mengalami perubahan yang sama. Gadis remaja dan wanita bahkan biasanya dilarang untuk memperlihatkan alat kelamin mereka dan bercerita tentang ini, eksplorasi bersama bukan hal yang biasa diantara wanita yang lebih muda. (Gadis remaja dan wanita biasanya memandang ke alat kelamin dari gadis remaja dan wanita lainnya saat mereka memiliki kesempatan, karena rasa ingin tahu yang alami.) Pada masa pubertas berikutnya, alat kelamin gadis mungkin kelihatan tidak sama seperi saat mereka masih anak-anak.

Jika gadis remaja dan wanita memeriksa alat kelamin mereka maka mereka dapat menjadi lebih perhatian terhadap perubahan-perubahan, merasa aneh dan akan memeliharanya. Mereka akan merasa bahwa mereka telah merusak bentuk alat kelamin mereka saat bermasturbasi, dan sebagai akibatnya setiap orang yang melihat alat kelamin mereka akan tahu bahwa mereka bermasturbasi. Mereka mungkin akan dihukum karena memiliki pikiran seksual. Karena alasan inilah setiap gadis dan remaja harus lebih mengetahui perubahan-perubahan ini. Mereka harus tahu bahwa perubahan ini adalah normal dan sangat penting, membantu mereka menciptakan pribadi sendiri. Anda tidak ingin mereka merasa wajib untuk menyembunyikan alat kelamin mereka.

Vulva 2 Vulva 3

Menjelajahi Daerah Terlarang

Di masa yang lampau wanita tidak pernah berpikir untuk melihat atau bahkan menyentuh alat kelamin mereka. Ini mutlak merupakan tanggung jawab dari seorang dokter. Alat kelamin mereka sendiri sangat dibatasi. Dewasa ini, wanita merasa lebih nyaman dengan tubuh mereka dan mulai menyukai eksplorasi pada alat kelamin mereka. Saat mereka mengeksplorasi alat kelamin mereka mungkin tidak terlalu senang dengan apa yang mereka lihat. Wanita biasanya memiliki harapan yang tidak realistis tentang bagaimana alat kelamin seharusnya kelihatan. Kebanyakan buku anatomi menggambarkan organ kelamin wanita dalam bentuk yang kecil dan seragam. Jika ilustrasinya berwarna, maka vulva biasanya di perlihatkan dalam warna merah jambu yang seragam. Sebagai akibatnya, adalah sangat masuk akal untuk percaya mngapa banyak wanita yang merasa tidak nyaman jika alat kelamin mereka kelihatan walaupun mereka tetap merasa nyaman saat melihatnya. Ini sangat bertolak belakang dengan seksualitas mereka. Kita akan berusaha menyembunyikan apa yang membuat kita malu dan dipermalukan.

Sejak banyak wanita yang memperlihatkan alat kelamin dengan sedikit rasa malu, mereka merasa sangat tidak nyaman dengan ide untuk memeperhatikan foto dari alat kelamin wanita lainnya. Mereka merasa gambar seperti itu, dan orang yang memperhatikan mereka, adalah tidak sopan. Yang sebenarnya adalah, foto-foto tersebut memegang kunci dalam membantu para wanita untuk menghargai dan memahami keaneka ragaraman yang normal dari alat kelamin wanita. Seorang wanita dapat menghabiskan waktunya sepanjang hari di ruang loker wanita dan tidak pernah melihat sebuah vulva, karena rambut kemaluan biasanya menutupi pandangan mereka secara langsung. Ini berarti kebanyakan dari wanita heteroseksual hanya melihat alat kelmin wanita lainnya lewat foto atau video, karena wanita tidak suka membandingkan alat kelamin mereka dengan milik teman-teman mereka.

Sayap Kupu-kupu

Daerah yang biasanya menjadi perhatian para wanita adalah bentuk, ukuran dn warna dari labia dalam dan luar mereka. Bagi kebanyakan wanita, bibir dalam lebih besar daripada bibir luar, labia mayora. Kebanyakan jika bukan dari keseluruhan wanita tidak memiliki labia berbentuk hati seperti yang diperlihatkan dalam teks umum. Warna dari labia mereka biasanya coklat atau hitam, bukan merah jambu. Ini kebanyakan tebal dan berkerut daripada tipis dan lembut. Dari foto dan ilustrasi yang sangat jelas diperlihatkan dalam halaman ini, labia dalam memiliki banyak ukuran dan bentuk yang normal. Foto-foto dan ilustrasi tersebut lebih jelas menunjukkan keanekaragaman yang alami dibandingkan dengan sumber lain yang ada. Majalah pria yang populer biasanya tidak memperlihatkan keaneka ragaman seperti itu.

Perhatian atas bentuk dan ukuran labia mungkin lebih besar pada wanita dari ras yang bukan kulit putih (non-kaukausian) karena kebanyakan buku anatomi didasarkan pada golongan kaukasian yang ideal. Para wanita dan dokter nampaknya tidak menyadari fakta bahwa gadis dan wanita dari satu kelompok ras asli dari Afrika Selatan biasanya memiliki labia minora yang panjangnya empat inci melewati labia mayora. Gadis dan wanita ini akan dilihat sebagai bentuk yang diubah, oleh mereka sendiri dan oleh dokter mereka. ini dapat dilihat sebagai contoh dalam website Dr. Alter. Labia yang keluar diatas labia paling luar merupakan hal biasa dan normal pada sebagian besar wanita dari semua ras, akan tetapi tidak biasa, untuk menjadi universal, bagi para gadis dan wanita Afrika. Jumlah proyeksi untuk semua ras wanita dapat menjadi hanya beberapa inci ketika labia dalam posisi dimana atau lebih saat labia di buka lebar.

Vulva 4 Vulva 5

 

Gadis Lentur !

Labia bagian dalam dapat dimodifikasi, karena tidak memiliki struktur yang dapat mempertahankan ukuran dan bentuknya jika distorted selama waktu tertentu. Terkadang ini sangat elastis dan mudah untuk diregangkan. Struktur bagian dalamnya lebih menyerupai suatu spons. Jika seorang wanita melakukan masturbasi dengan menarik labia bagian dalamnya, dia dapat membuat labia dalam ini menjadi lebih panjang dan tebal. Jarang sekali yang menginginkan labia dalam yang lebih besar dan dengan menariknya secara teratur, menyebabkan hal ini. Beberapa telah memperoleh hasil dengan menindik labia bagian dalam mereka dan menggantungkan perhiasan dengan berat timbangan kecil yang dapat ditindik. Bertentangan dengan kepercayaan yang umum bahwa kebanyakan praktek masturbasi dari gadis atau wanita tidak akan mengubah bentuk dan ukuran dari alat kelamin mereka, setidaknya secara drastis. Jika seorang wanita melakukan masturbasi secara teratur mungkin akan mengembangkan pembuluh darah menjadi lebih besar, yang mana akan menghasilkan struktur kelamin yang sedikit lebih besar. Ini merupakan indikasi kesehatan bukan penyakit. Memiliki struktur kelamin yang lebih besar bukanlah merupakan indikasi masturbasi seperti yang disebutkan oleh beberapa orang.

Milikku Lebih Besar Dari Milikmu !

Pada beberapa kultur, wanita dengan labia dalam besar dianggap lebih menarik sehingga gadis dan wanita dengan sengaja melakukan kebiasaan ini untuk membuatnya lebih besar. Mereka mulai melakukan praktek ini saat mereka masih gadis yang sangat muda dan terus berlanjut hingga ke masa dewasa. Mereka sering melakukan ritual masturbasi, kadang bersama, dengan pasangan dan kelompok. Beberapa menggunakan segenggam rumput agar mereka memiliki genggaman yang lebih baik pada labia mereka. Yang lain membungkus labia mereka dengan potongan tanduk hewan atau dengan tongkat kecil. Mereka juga melakukan pengiritasian secara alami yang dapat menyebabkan labia membengkak dan menambah ukurannya. Sedangkan yang lainnya menggunakan simbolisme, seperti menaruh debu dari kelelawar bakar ke labia mereka. Dalam masyarakat tersebut ukuran labia minora panjang 4 sampai 6 inci (10-15cm) merupakan panjang yang paling diinginkan. Praktek-praktek ini sangat mengejutkan para peneliti pertama Eropa, yang biasanya merupakan orang representasi dari agama Eropa, dan dengan segera membasmi dan mengubur kebiasaan-kebiasaan ini.

Kepekaan Estrogen

Labia minora sangat sensitif terhadap estrogen dan kadar yang meningkat dapat mengakibatkan pembesaran dan peningkatan sensitifitas. Hal ini mungkin terjadi selama masa kehamilan. Ini dapat menjadi kondisi yang sangat tidak menyenangkan yang membutuhkan perhatian dokter. Resep obat-obatan dan krim yang diberikan dapat menjadi penyebabnya. Kebanyakan labia yang besar timbul karena masalah genetik, bukan karena masalah lingkungan.

Seberapa Besar ?

Dickinson melaporkan telah memeriksa labia monora seorang wanita yang masing-masing panjang 7.5cm (3 inci), 15cm (6 inci) dari ujung ke ujung, ketika dibuka lebar, dan mencapai panjang hampir 11.5cm (4.5 inci), 23cm (9 inci) ujung ke ujung, saat berada dalam tekanan. Dia lebih jauh melaporkan 5 kasus dimana ukurannya antara 5 dan 7.5cm (2-3 inci) saat terbuka lebar. Lihat ilustrasi yang diperlihatkan pada bagian bawah halaman.

Ukuran dari Labia Minora
Berdasarkan pengujian pada 2.981 wanita
Panjang Jumlah Wanita Persentase
0-2cm (0-3/4in) 2,613 87.7
2cm (3/4in) 146 4.9
3cm (1 1/4in) 170 5.7
4-5cm (1 1/2-2in) 32 1.1
5-6cm (2-2 1/3in) 20 0.7

Seperti dikumpulkan oleh Bergh, presentasi Oleh Dickinson.

 

Gadis Tidak Diharapkan Memiliki Salah Satunya !

Ini mungkin mengejutkan banyak orang untuk mengetahui bahwa beberapa perempuan normal dan secara genetik sehat memiliki penis. atau setidaknya klitoris yang menyerupai penis. Sebenarnyam setiap perempuan memiliki penis; kita hanya lebih suka menyebut penis mereka sebagai klitoris. Sementara yang lainnya menolak analogi ini, ini sangat tepat dari perspektif seksual dan biologis. Penis dan klitoris terbuat dari jaringan yang sama dan fungsi yang sama karena terbentuk dari struktur janin yang sama. Pada laki-laki, penis biasanya terjadi karena peningkatan kadar androgen salah satu jenis testosteron, pada janin. Ini mengakibatkan laki-laki memiliki penis yang lebih kelihatan, tetapi tidak harus yang lebih besar. Dalam sebagian waktu mereka dalam janin, setiap perempuan juga memiliki klitoris yang sangat besar, sebanding dengan tubuh mereka lainnya, karena urutan dimana setiap hal berkembang. Pada akhirnya, memiliki penis bukanlah berarti suatu perlakuan khusus bagi laki-laki dewasa dan anak laki-laki, disamping apa yang mungkin didiktekan oleh masyarakat.

Vulva 6   Vulva 7

Sebuah bayi yang cantik ???

Sebagai akibat dari genetik atau adanya peningkatan kadar androgen dalam janin, bebrapa janin perempuan dilahirkan dengan klitoris yang menyerupai sebuah "penis," kadang membuat cemas atau malu orangtuanya ; belum lagi masalah kesehatan tersebut. Sangatlah penting untuk mengingat bahwa dia tetaplah normal dan merupakan "gadis" yang sehat. Dia tidak cacat atau tidak sempurna. Daripada menyakinkan orangtua dari gadis bahwa dia sangatlah normalm dokter malah biasanya memotong klitoris si gadis atau mengoperasinya untuk mengurangi ukurannya, dengan alasan memperbaiki kesalahan secara alami. Ini dharapkan membuat hasil dalam pertumbuhan gadis normal dan menjadi wanita dewasa yang sehat, seorang yang tidak akan mempertanyakan masalah jenis kelaminnya. Sebenarnya, walaupun klitoris besarnya sudah dihilangkan, dia mungkin masih mempertanyakan masalah jenis kelaminnya, karena jenis kelamin merupakan masalah hormon dan cetakan genetik Jika dia sebenarnya adalah seorang laki-laki, pemotongan pada "penis" tidak akan mengubah jenis kelaminnya. Penampilan fisik seseorang tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin atau orientasi seksual mereka yang sebenarnya, karena laki-laki dan perempuan secara fisik merupakan versi yang berbeda dari hal yang sama. Orangtua seharusnya tidak menyetujui operasi pengubahan bentuk atau pemeriksaan terhadap kelamin anak-anak mereka, ataupun masalah seks. Jika tidak ada masalah kesehatan, berarti tidak ada masalah.

Lebih Daripada Yang Terlihat !

Satu-satunya perbedaan antara klitoris dan penis adalah ukuran rata-rata dari bagian yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. 3/4 dari klitoris tersembunyi dari pandangan. Rata-rata ukuran panjang klitoris sekitar 4 inci, sama seperti penis yang lembek. Ilustrasi dalam Anatomi memperlihatkan ukuran sebenarnya dari klitoris. Satu-satunya perbedaan lain antara dua ini, adalah bahwa saluran kencing dari klitoris tidak memanjang sampai ke ujung glans, seperti yang ada pada beberapa penis !

Pengukuran !

Bagian klitoris yang kelihatan dari beberapa gadis dan wanita berukuran sekitar 2 1/2 inci (6.3cm) panjangnya dan hampir 1 inci (2.5cm) diameternya. Saat klitoris memiliki ukuran ini, kelihatan sama seperti penis. Sau-satunya perbedaan menjadi alur dari sepanjang sisi bawah dari klitoris, dimana terdapat saluran kencing pada penis. Meskipun air seni tidak keluar melalui ujung klitoris yang besar ini, namun kelihatan dan berfungsi seperti sebuah penis. Wanita-wanita ini, sama seperti wanita pada umumnya, yang mampu mengalami ereksi, sensasi dari perasaan "keras," menghasilkan ejakulasi dalam kelenjar paraurethral mereka, dan bahkan berteriak. Wanita dengan klitoris yang besar bahkan dapat terlibat dalam hubungan inti, dengan memasukkan klitoris mereka ke dalam vagina atau anus pasangannya.

Meskipun rata-rata klitoris lebih kecil dalam ukurannya, ini tetap bekerja dengan baik. Diameter kelenjar klitoris rata-rata sekitar 1/4 inci (6mm) dan tubuh dari klitoris sekitar 3/4 inci (19mm) panjangnya. Bagian klitoris yang keluar dari tulang kemaluan, dan dapat dirasakan dengan tangan anda, berukuran panjang 1 inci (25mm) dan diameter 1/4 inci. Ada klitoris yang sangat kecil dan sulit untuk ditemukan letaknya dalam lipatan labia dan penutup klitoris. Yang lainnya sangat tersembunyi dibawah penutup dan tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Berdasarkan ukuran, klitoris mampu memberikan kesenangan yang kuat bagi wanita.

Vulva 8   Vulva 9

Akankah Bertambah Besar ?

Struktur dari klitoris tidak membuatnya dapat berubah dengan mudah , akibat dari tekanan mekanik. Kebiasaan bermasturbasi dari kebanyakan wanita kelihatan tidak akan mempengaruhi ukuran dari klitoris mereka, lebih daripada mungkin menyebabkansedikit penambahan ukuran yang memperbaiki sirkulasi darah jika mereka melakukan masturbasi secara teratur. Lagi, merupakan tanda kesehatan bukan penyakit. Menggunakan tekanan yang tidak biasa, seperti yang digambarkan peningkatan jumlah darah ke dalam klitoris dengan pompa gampa udara secara teratur, dapat menghasilkan peningkatan ukuran dimana struktur vaskuler secara pelan-pelan diregangkan dan membesar yang akan membawa darah tambahan. Kemungkinan tidak ada terlalu banyak wanita yang melakukan hal ini, akan tetapi dengan adanya internet mungkin terjadi perubahan. Sejak awal penulisan artikel ini, Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) telah menyetuui penggunaan pompa klitoris untuk pengobatan masalah disfungsi seksual pada wanita.

Pemujaan Klitoris

Ada beberapa referensi acuan yang menandai bahwa klitoris yang besar juga dianggap sangat menarik diantara beberapa kultur budaya, sehingga sekali lagi gadis dan wanita melakukan praktek-praktek yang dapat membuat klitoris mereka menjadi lebih besar. Kebenaran dari pernyataan ini walapun diragukan, namun tampaknya mungkin terjadi. Belum diketahui secara pasti apakah klitoris dibesarkan dengan praktek ini atau jika klitoris lebih kuat akibat pergerakan yang disebabkan oleh peregangan jaringan yang saling berhubungan. Klitoris dari wanita-wanita ini mungkin lebih kelihatan daripada menjadi lebih besar.

Kepekaan Androgen

Klitoris sangat sensitif terhadap androgen seperti testosteron obat-obatan steroid dengan resep dan tanpa resep dapat menyebabkan klitoris wanita ukurannya meningkat. Beberapa klitoris mencapai panjang maksimum sekitar 2 1/2 inci (6.3cm), jika steroid digunakan selama periode waktu tertentu dan berdasarkan umur dari wanita. Atlet perempuan yang menggunakan steroid untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan biasanya mengalami efek samping. Seperti perubahan transseksual dari wanita ke pria. Kadang-kadang steroid diberikan untuk mengobati kondisi medis, seperti hilangnya libido, menyebabkan hal ini, akan tetapi pada tingkat yang sedikit lebih tinggi. Kebanyakan klitoris yang lebih besar merupakan hasil dari masalah genetik, bukan akibat obat-obatan seperti yang selalu dianggap, percaya bahwa ukuran klitoris raksasa tidak mungkin terjadi secara alami.

Mirip Penis ?

Meskipun tidak ada bukti yang mendukung pernyataan klitoris yang lebih besar dapat berfungsi lebih baik, sejumlah wanita melakukan perubahan bentuk menjadi mirip penis. Sejak wanita mengerti bahwa klitoris mereka sama seperti penis kecil dan memiliki kemampuan untuk menjadi lebih besar, beberapa diantara mereka menyatakan keinginan untuk membesarkan klitoris mereka. Mungkin dengan harapan bahwa jika klitoris mereka lebih besar ini akan berfungsi lebih baik dan lebih mudah bagi pasangan dan mereka sendiri untuk menemukan dan merangsangnya. Sejumlah wanita mungkin bahkan menginginkan penis kecil milik mereka sendiri, meskipun mereka bahagia menjadi wanita yang feminin. Sebagai tambahan, jika seorang wanita merasa lebih baik dengan ukuran klitorisnya, biasanya dia merasa lebih seksual dan lebih respons terhadap seks jika memiliki klitoris yang besar, atau bahkan klitoris yang lebih kecil. Otak kita merupakan organ seksual yang terbesar. Adalah penting untuk mengingat bahwa otak memegang peranan penting dalam kesenangan seksual perempuan lebih dibandingkan klitoris, tanpa melihat ukuran klitoris. Pada waktu ini, saya tidak peduli dengan keamanan dan bukti bagaimana membuat klitoris lebih besar yang dapat membuat seorang wanita terhindar dari efek sampingnya.

Komentar Seorang Wanita :

Terima kasih atas informasi yang jujur tentang ukuran dan foto dari labia yang ada pada situs anda. Saya pergi ke bagian pencarian web untuk hal seperti ini. Saya selalu merasa tidak percaya diri tentang ukuran labia minora saya, dengan panjang sekitar 3 cm [1,25 inci] & sejauh yang saya pernah lihat, tidak ada wanita lain yang saya kenal memiliki hal seperti ini. Saya berpikir saya jelek dan memalukan. Di SMU, saya benci tempat permandian umum dimana setiap orang dapat melihat milik saya, dan merasa banyaknya orang yang tertarik atas seluruh daerah dari tubuh saya. bahkan sebagi wanita yang telah menikah saya berulang kali bertanya kepada suami saya apakah saya jelek, apakah dia dia berpikir ini menjijikkan dan lain sebagainya.

Ketika saya bertanya kepada dokter saya tentang hal ini, dia tidak mengerti maksud saya dan berkata ini kelihatan normal. Tetapi seperi yang anda katakan dalam situs ini, semua buku dengan gambar dan lain sebagainya tidak menggambarkan seperti yang saya miliki, jadi saya tidak dapat melihat bagaimana ini bisa dikatakan normal.

Anak perempuan saya sekarang berusia 6 tahun dan saya teah memperhatikan bahwa labia dia kelihatannya berkembang sama seperti milik saya. Saya berpikir "oh tidak" . Kemudian saya menyadari bahwa saya harus mendapatkan beberapa bukti. Saya menginginkan informasi yang dapat saya bagi dengannya sehingga dia dapat memahami tentang tubuhnya dan mengapa ini terbentuk seperti itu. Saya tidak mau dia melewati ketertarikan yang sama seperti yang saya telah alami. Saya sangat gemetar menemukan situs anda. Terima kasih telah menempatkan informasi ini diluar.

Ilustrasi-ilustrasi dan bagan di bawah ini memperlihatkan
betapa bervariasinya alat kelamin wanita..

Ukuran Klitoris

Clitoral Size 1 (25K) Clitoral Size 2 (18K)

Clitoral Size 3 (43K)

Klik Pada Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

Ukuran dan Bentuk labia

Labial Size 1 (78K) Labial Size 2 (104K)

Labial Size 3 (23K) Labial Size 4 (83K)

Klik Pada Gambar Untuk Melihat Ukuran Lebih Besar

Ilustrasi-ilustrasi pada halaman ini hanya contoh kecil dari apa yang terdapat dalam buku "Atlas of Human Sex Anatomy" oleh Robert Latou Dickinson M.D.,F.A.C.S. Terbitan 1949 William and Wilkin Company. Diterbitkan kembali oleh perusahaan penerbit Robert E. Kieger. Menjadi satu-satunya buku sejenis yang ada, kebanyakan buku dokumentasi hanya membahas anatomi seksual manusia.

Home